PROFIL MASYARAKAT DESA

29 Juli 2013
Administrator
Dibaca 291 Kali

Profil Sosial Masyarakat

Masyarakat Desa Barurejo secara umum memiliki profil yang sangat kompleks. Hal ini dapat dilihat dari data jumlah pendidikan, Agama, Pekerjaan dan data statistik lainnya. Dalam hal hidup Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Baruerjo sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dengan cara menjaga dan membantu ketentraman dan ketertiban setiap kegiatan keagamaan. Selain itu masyarakat Desa Barurejo juga sangat antusias dalam menjaga setiap budaya yang ada di lingkungan masing-masing.

Pelaksanaan kegiatan budaya yang dilakukan secara rutin seperti pelaksanaan baritan di setiap perempatan jalan pada bulan suro dan kegiatan budaya lain yang juga ditampilkan setiap ada event tertentu juga menambah kepekaan sosial bagi masyarakat. kegiatan budaya ini juga dapat menambah rasa persatuan dan kesatuan bagi setiap masyarakat.

Selain pelaksanaan budaya, masyarakat Desa Barurejo juga sangat antusias membentuk kelompok-kelompok di masing-masing wilayah sesuai dengan kebutuhan kelompoknya masing-masing. Mulai dari kelompok yang memiliki badan hukum atau kelompok yang tidak berbadan hukum. Beberapa kelompok seperti : kelompok perepuan, kelompok pemuda, kelompok masyarakat, kelompok pengajian, kelompok tani, kelompok ternak serta kelompok atau organisasi lain yang dapat meningkatkan kehidupan sosial masyarakat.

Latar belakang masyarakat Desa Barurejo mempunyai latar belakang yang sangat majemuk. Berasal dari berbagai suku dan daerah yang datang dan menetap di Desa Barurejo, membuat Desa Barurejo memiliki masyarakat dengan bisa berkomunikasi dengan beberapa bahasa daerah. Bahasa daerah yang sering dipakai yakni, bahasa jawa, bahasa madura, bahasa osing.

 

Profil Politik Masyarakat

Warga Desa Barurejo dikenal sebagai masyarakat yang mempunyai partisipasi cukup aktif dan memiliki potensi tertinggi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di Desa Barurejo merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.

Warga Desa Barurejo sangat aktif dalam mengawal proses pemilihan umum, mulai dari masyarakat yang berantusias menjadi pelaksana sampai masyarakat yang hanya memberikan pandangan dan suara. Setiap ada kegiatan pemilihan selalu ada topik hangat yang dibicarakan oleh masyarakat dan yang menarik adalah bagaimana setelah proses pemilihan berlangsung. Masyarakat tetap dalam susana yang aman dan kondusif meskipun perbedaan pendapat dan pandangan masih tetap ada.