TAK MAU KETINGGALAN JAMAN KEPALA DUSUN DESA BARUREJO BELAJAR MENGOPRASIONALKAN WEBSITE DESA

17 Januari 2023
M. ANTON RAMADHANI
Dibaca 218 Kali
TAK MAU KETINGGALAN JAMAN KEPALA DUSUN DESA BARUREJO BELAJAR MENGOPRASIONALKAN WEBSITE DESA

Selasa, 17 Januari 2023

Kepala Dusun Desa Barurejo mencoba untuk mengikuti perkembangan jaman, dimana semua kegiatan dan pekerjaaan harus terdokumentasikan dengan baik. Salah satu yang menjadi penting di era sekarang yaitu dengan menggunakan kecanggihan teknologi. Semua informasi yang dibutuhkan masyarakat terutama layanan kepada masyarakat harus ditingkatkan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini juga yang membuat Kepala Dusun Barurejo antusias untuk mempelajari dan menggunakan TIK sebagai sarana kepada masyarakat dalam menyampaikan informasi dan lebih mengerti kebutuhan masyarakat.

Kepala Desa Barurejo Ahmad Zaenuri juga menyampaikan bahwa Sitem Informasi Desa harus lebih terbuka dan cepat sampai kepada masyarakat. Di era digitalisasi semua layanan kepada masyarakat harus lebih cepat dan memudahkan masyarakat. Lebih lanjut Kepala Desa Barurejo juga menyampaikan bahwa semua perangkat desa harus segera mempelajari dan menggunakan sitem informasi desa melalaui website desa, karena hal ini secara tidak langsung juga akan membantu dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalaui program Smart Kampung. Program Smart Kampung yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu program yang mempermudah dan mempercepat layanan kepada masyarakat.

Menurut "Mbah Doel" sapaan akrab salah satu Kepala Dusun di Desa Barurejo menyampaikan "Saya sangat mendukung dengan program ini karena untuk mempercepat informasi ke segala penjuru desa". Selain itu Mbah Doel juga menuturkan secara pribadi manfaat dari penggunaan website desa yaitu untuk memepercepat segala urusan tentang administrasi desa. Dia juga mengakui (Mbah Doel) bahwa dirinya yang paling Gaptek atau paling susah untuk mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan untuk membuktikan dukungannya terkait penggunaan website desa beliau berkata  "akan mengikuti program demi Desa kami".

Sistem Informasi Desa Barurejo mulai di optimalkan sekitar bulan April tahun 2022, dimana dalam pengembangannya Pemerintah Desa Barurejo berharap semua informasi dan layanan kepada masyarakat bisa menjadi mudah dan bisa diakses dimanapun tempat. selama hampir sembilan bulan Pemerintah Desa Barurejo mempersiapkan semua data yang dibutuhkan masyarakat untuk menciptakan layanan ini dan berharap di tahun 2023 layanan ini dapat diperkenalkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Segala saran dan masukan bisa disampaikan kepada pemerintah Desa Barurejo dan kunjungi halaman resmi website Desa Barurejo di https://barurejo.desa.id/