GIAT KERJA BAKTI UNTUK MEMBANGUN DESA

06 Januari 2023
Administrator
Dibaca 121 Kali
GIAT KERJA BAKTI UNTUK MEMBANGUN DESA

Warga RT 03 RW 11 Dusun Sumberurip Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi bersama Kepala Dusun setempat bersama-sama melakukan giat kerja bakti untuk memperbaiki jalan yang rusak. Kegiatan kali ini yaitu untuk memperbaiki jalan yang rusak (berlubang dan bebatuan). Hal yang coba dilakukan warga adalah dengan cara melakukan pengurukan atau menambal jalan yang rusak dengan matrial tanah.

Pengadaan matrial untuk perbaikan jalan sering dilakukan dengan cara swadaya masyarakat atau dengan istilah yang sering disebut masyarakat setempat dengan kata "urunan" yang dalam bahasa indonesia berarti "iuran". Sistem swadaya yang biasanya dilakukan warga setempat adalah gotong royong atau sama-sama memikul beban sesuai kemampuannya. Jika punya uang atau dana maka menyumbangkan sebagian uangnya untuk dibelikan matrial atau bahan, jika punya makanan seperti pisang, singkong dan lain sebagainya bisa menyumbangkan makanan tersebut, dan jika warga tersebut tergolong kurang mampu bisa menyumbangkan tenaganya saja untuk membantu atau berpartiaipasi dalam kegiatan tersebut.

Tidak ada yang ditekan dan tidak ada yang tertekan dalam melakukan kegiatan seperti ini. Semua dilakukan dengan dengan keilkhlasan dan kepercayaan. Tidak ada pertanggungjawaban tertulis atau resmi dalam melakukannya selain pertanggungjawaban kepada sang Pencipta.

Canda tawa dan kebersamaan yang menjadi penyemangat dalam melakukan kerja bakti. Seteguk Teh Hangat dan kopi yang selalu meberikan energi.